Kamis, 26 Juli 2018

Jual Benih Bibit Ikan Nilem Berkualitas

Mungkin ada yang sudah tau atau mungkin saja ada yang belum mengenal dengan yang bernama Nilem, apa itu Nilem, atau Nilem Magut atau juga Melem (Osteochilus Vittatus), adalah merupakan sejenis Ikan Air Tawar dari anggota suku Cyprinidae.

Ikan Nilem ini merupakan golongan Ikan Herbivora dan diketahui menyebar di perairan Asia Tenggara diantaranya yaitu: Tonkin, Siam (Thailand), Semenenanjung Malaya, Kalimantan, Sumatra dan Jawa.

Ikan Nilem ini juga merupakan salah satu Ikan Budidaya untuk dikonsumsi, terutama di wilayah-wilayah bagian Pulau Jawa dan kini Ikan Nilem juga diintroduksi ke beberapa danau di bagian wilayah di Sulawesi.

Ikan Nilem ini memiliki tubuh sedang, dan total panjang tubuhnya bisa mencapai ukuran sekitar 260mm, serta tinggi tubuh pada pada awal Sirip Dorsal 3-3,7 berbanding standar (tanpa sirip ekor).
Panjang kepala 4,1-4,5 berbanding panjang standar. Moncong membulat tumpul, dengan bibir yang berkerinyut dan dapat disembulkan. Sungut maksilar kurang lebih sepanjang diameter mata, sungut rostral lebih pendek. Awal sirip dorsal kira-kira sejajar dengan gurat sisi ke-8 atau ke-9; terpisahkan dari ubun-ubun oleh 10-12 sisik.

Sirip dorsal dengan III jari-jari keras (duri) dan 10-13 jari-jari lunak; jari-jari sebelah depan memanjang, panjangnya lebih dari atau sama dengan panjang kepala. Rumus sirip dada I.13-16; sirip perut I.8; dan sirip dubur III.5. Gurat sisi 33-34.

Ikan Nilem biasa dibudidayakan masyarakat Pulau Jawa, terutama di wilayah Jawa Barat. Ikan Nilem ini sangat digemari telur-telurnya yang rasanya sangat enak dan lezat sekali, namun pada zaman sekarang ini Ikan Nilem produksinya sangat cendrung menurun, dan Ikan Nilem produksinya berubah menjadi produk atau sebagai Ikan Peliharaan sebagai usaha sampingan yang ditanam di kolam-kolam pemeliharan Ikan Mas, Ikan Nila, Ikan Koi, atau Ikan Gurami.


Satu percobaan yang pernah dilakukan di Danau Maninjau yaitu di bagian wilayah Sumatra Barat, mendapatkan bahwa Ikan Nilem yang tidak diberi pakan secara khusus memakan aneka Fitoplankton yang terdapat di Danau Maninjau tersebut, sehingga berpeluang untuk digunakan pembersih air Danau.

Ikan Nilem ini memakan berbagai jenis Fitoplankton yang tergolong pada suku-suku Bacillariophyceae, Cyanophyceae, dan Desmidiaceae. Sejak populernya "Terapi Kaki" menggunakan Garra Rufa, Ikan Nilem ini dijadikan sebagai Alternatif karena memilki perilaku yang sama, yaitu mengerumuni kaki yang dicelupkan ke dalam kolam dan memakan kulit ari kita.

Dan kami sebagai salah seorang pembudidaya Ikan Nilem menawarkan kepada anda yang membutuhkan Ikan Nilem dalam bentuk benih atau bibit dengan berbagai ukuran, dan Benih Bibit Ikan Nilem yang dihasilkan dari indukan-indukan yang berkualitas unggulan. Untuk Pemesanan Benih Bibit Ikan Nilem silahkan anda bisa menghubungi kami di:
TLP/Wa. 0896 - 6395 - 9311

Kami melayani untuk seluruh wilayah provinsi-provinsi di Indonesia:
Aceh, Banda Aceh, Bali, Denpasar, Banten, Serang, Bengkulu, Gorontalo, Jakarta, Jambi, Jawabarat, Bandung, Jawa Tengah, Semarang, Jawa Timur, Surabaya, Kalimantan Barat, Pontianak, Kalimantan Selatan, Banjarmasin, Kalimantan Tengah, Palangkaraya, Kalimantan Timur, Samarinda, Kalimantan Utara, Tanjungselor, Kepulauan Bangka Belitung, Pangkalpinang, Kepulauan Riau, Tanjung Pinang, Lampung, Bandar Lampung, Maluku, Ambon, Maluku Utara, Sofifi, Nusa Tenggara Barat, Mataram, Nusa Tenggara Timur, Kupang, Papua Jayapura, Papua Barat, Manokwari, Riau, Pekanbaru, Sulawesi Barat, Mamuju, Sulawesi Selatan, Makassar, Sulawesi Tengah, Palu, Sulawesi Tenggara, Kendari, Sulawesi Utara, Manado, Sumatera Barat, Padang, Sumatera Selatan, Palembang, Sumatera Utara, Medan, Yogyakarta.